Sisi Pandang Lain

Memahami Sesuatu dari Perspektif yang Berbeda

Thursday, September 22, 2016

Makalah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam




DAFTAR ISI




HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………….. i
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………... ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………  iii

BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang  …………………………………………………………………...    1
  2. Rumusan Masalah  ………………………………………………………………..   1
  3. Tujuan Penulisan ………………………………………………………………….  1

BAB II PEMBAHASAN
  1. Pengertian Pembelajaran  ……………………………………………....………...      2
  2. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran PAI ……………….…..….....  2


BAB III PENUTUP

Kesimpulan ……………………………………………………………………………… 5

DAFTAR PUSTAKA

























BAB I
PENDAHULUAN



A.    LATAR BELAKANG

Pembelajaran merupakan proses untuk meramu sarana dan prasarana pendidikan untuk mencapai kualitas yang diharapkan. Kualitas lulusan pendidikan sangat ditentukan oleh seberapa jauh guru itu mampu mengelola dan mengolah segala komponen pendidikan itu melalui proses pembelajaran, maka kualitas pendidikan akan terasa hambar. Ibarat makanan guru adalah juru masak, yang senantiasa memiliki kemampuan meramu bumbu sehingga makanan terasa lezat.
Pembelajaran yang memiliki pengaruh yang menyebabkan kualitas pendidikan menjadi baik atau rendah mutunya. Artinya pembelajaran sangat tergantung dari kemampuan seorang pengajar atau guru dalam melaksanakan atau mengemas proses pembelajaran sehingga menghasilkan sesuai apa yang diinginkan pada tujuan pendidikan.
Begitu juga dengan pembelajaran PAI, metode dan teknik yang digunakan seorang pengajar PAI harus tepat sehingga pembelajaran PAI dapat berhasil dan menghasilkan output yang berkompeten dalam bidang PAI. Keberhasilan tersebut tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran PAI, yang akan kami bahas dalam makalah ini.  


B.     RUMUSAN MASALAH
     Dari latar belakang di atas, maka kami akan memaparkan permasalahan sebagai berikut :

1.      Apa pengertian pembelajaran ?
2.      Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembelajaran PAI ?


C.     TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui pengertian pembelajaran
2.      Mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembelajaran PAI




BAB II
PEMBAHASAN



A.    Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran berasal dari kata “belajar” yang berarti adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan yang dimaksud adalah pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian pembelajaran adalah proses yang dirancang untuk mengubah diri seseorag, baik dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.[1]
Dan pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain intruksional, untuk membuat belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.[2]
Menurut Bourner pembelajaran adalah proses untuk membangun kemampuan mengembangkan potensi kognitif yang ada dalam diri siswa. Pembelajaran yang lebih mengedepankan kebebasan merupakan salah satu kunci keberhasilan pembelajaran sosial.[3]


B.     Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran PAI

Ada 3 faktor yang mempengaruhi pembelajaran PAI yang akan kami bahas dalam makalah ini. Dimana ketiga faktor tersebut saling terkait satu dengan lainnya, sehingga kehilangan salah satu dari faktor ini bisa menyebabkan tidak tercapainya pembelajaran PAI yang berhasil.[4]  Ketiga faktor tersebut yaitu :
1.      Kondisi Pembelajaran PAI
Kondisi pembelajaran PAI dapat diklasifikasikan menjadi :
a.       Tujuan pembelajaran PAI
            Ditinjau dari aspek tujuan PAI yang akan dicapai adalah mengantarkan peserta didik mampu memilih Al-Qur’an sebagai pedoman hidup (kognitif), mampu menghargai Al-Qur’an sebagai pilihannya yang paling benar (afektif), serta mampu bertindak dan mengamalkan pilihannya (Al-Qur’an sebagai pedoman hidup) dalam kehidupan sehari-hari (psikomotorik)
            Tujuan pembelajaran ini bisa bersifat umum, umum-khusus, dan khusus.

b.      Karakteristik bidang studi PAI
            Aspek-aspek suatu bidang studi yang terbangun dalam struktur isi dan konstruk / tipe isi bidang studi PAI berupa fakta, hukum / dalil, prinsip / kaidah, prosedur dan keimanan yang menyajikan kebenaran Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia.
c.       Kendala pembelajaran
            Namanya kendala tentunya pasti ada. Misalnya keterbatasan sumber belajar yang ada, keterbatasan alokasi waktu, dan keterbatasan dana yang tersedia.
d.      Kakakteristik peserta didik
            Adalah kualitas perseorangan peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda, seperti bakat gaya belajar, perkembangan moral, perkembangan kognitif, sosial, dsb.[5]

2.      Metode Pembelajaran PAI
Metode pembelajaran PAI dapat diklasifiaksikan menjadi :
1)      Strategi pengorganisasian
2)      Strategi penyampaian
3)      Strategi pengelolaan pembelajaran
Strategi pengorganisasian adalah suatu metode untuk mengorganisasi isi bidang studi PAI yang dipilih untuk pembelajaran.
Strategi penyampaian adalah metode-metode penyampaian pembelajaran PAI yang dikembangkan untuk membuat siswa dapat merespon dan menerima pelajaran PAI dengan mudah, cepat, dan menyenangkan. Strategi penyampaian ini berfungsi sebagai penyampai isi pembelajaran kepada peserta didik dan menyediakan informasi yang diperlukan peserta didik untuk menampilkan unjuk kerja (hasil kerja)
Ada 3 komponen dalam strategi penyampaian ini, yaitu :
1)      Media pembelajaran
2)      Interaksi media pembelajaran dengan peserta didik
3)      Pola atau bentuk belajar mengajar
Strategi pengelolaan pembelajaran adalah metode untuk menata interaksi antara peserta didik dengan komponen-komponen metode pembelajaran lain, seperti pengorganisasian dan penyampaian isi pembelajaran.[6] 


3.      Hasil Pembelajaran PAI
Dalam pembelajaran PAI adalah mencakup semua akibat yang dapat dijadikan indikator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajaran PAI di bawah kondisi pembelajaran yang berbeda.[7]  Hasil pembelajaran PAI dapat berupa hasil nyata (actual out-come) dan hasil yang diinginkan (desire out-come). Actual out-come adalah hasil belajar PAI yang dicapai peserta didik secara nyata karena digunakannya suatu metode pembelajaran PAI tertentu yang dikembangkan sesuai dengan kondisi yang ada, sedangkan desire out-come merupakan tujuan yang ingin dicapai yang biasanya sering mempengaruhi keputusan perancang pembelajaran.[8]
PAI dalam melakuakan pilihan suatu metode pembelajaran yang paling baik untuk digunakan sesuai dengan kondisi pembelajaran yang ada.
Indikator keberhasilan pembelajaran PAI dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :
a)      Keefektifan
Pembelajaran dikatakan efektif jika pembelajaran tersebut mampu menambah informasi atau pengetahuan baru bagi siswa.[9]
b)      Efisiensi
Efisiensi adalah pembelajaran yang menyenangkan, menggairahkan dan mampu memberikan motivasi bagi siswa.[10]
c)      Daya tarik
Daya tarik yang dimaksud dalam hal ini adalah pembelajaran itu diukur dengan mengamati kecenderungan peserta didik untuk berkeinginan terus belajar.











KESIMPULAN


1.      Dalam proses pembelajaran seorang guru sebagai pengajar harus pandai-pandai dalam mengambil langkah agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan tercapai tujuan pendidikan.

2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran PAI yaitu :
1)      Kondisi pembelajaran agama
2)      Metode pembelajaran pendidikan agama
3)      Hasil pembelajaran pendidikan agama
Ketiga faktor terikat satu dengan lainnya.



























DAFTAR PUSTAKA




Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta


Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2000. Srategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production.

Typecat.com/pdf/Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam/18-04-2011/11.00

www.pdfking.net/pdf/ Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam/18-04-2011/11.00

 




[1]. Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. 1999. Rieneka Cipta. Jakarta. Hal.146
[2]. Prof. H. Sudjono,S.Pd.MM. Strategi Pembelajaran. Falah Production. Bandung. Hal 154
[3]. Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. 1999. Rieneka Cipta. Jakarta. Hal.148
[4]. Typecat.com/pdf/Faktor-yang-mempengaruhi-pembelajaran-agamai-Islam
[5]. Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. 2008. PT. Remaja Rosydakarya. Bandung.hal.267
[6]. Ibid. hal. 268
[7]Prof. H. Sudjono,S.Pd.MM. Strategi Pembelajaran. Falah Production. Bandung. Hal 154
[8]Typecat.com/pdf/Faktor-yang-mempengaruhi-pembelajaran-agamai-Islam
[9]www.pdfking.net/pdf/ Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam.
[10]. Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. 2008. PT. Remaja Rosydakarya. Bandung.hal.274

No comments:

Post a Comment