Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
…………………………………………………………………….. i
KATA PENGANTAR
…………………………………………………………………... ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………… iii
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang
…………………………………………………………………... 1
- Rumusan Masalah
……………………………………………………………….. 1
- Tujuan Penulisan ………………………………………………………………….
1
BAB II PEMBAHASAN
- Pengertian Pembelajaran ……………………………………………....………... 2
- Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran PAI
……………….…..…..... 2
BAB III PENUTUP
Kesimpulan ………………………………………………………………………………
5
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pembelajaran merupakan proses untuk meramu sarana dan
prasarana pendidikan untuk mencapai kualitas yang diharapkan. Kualitas lulusan
pendidikan sangat ditentukan oleh seberapa jauh guru itu mampu mengelola dan
mengolah segala komponen pendidikan itu melalui proses pembelajaran, maka
kualitas pendidikan akan terasa hambar. Ibarat makanan guru adalah juru masak,
yang senantiasa memiliki kemampuan meramu bumbu sehingga makanan terasa lezat.
Pembelajaran yang memiliki pengaruh yang menyebabkan
kualitas pendidikan menjadi baik atau rendah mutunya. Artinya pembelajaran
sangat tergantung dari kemampuan seorang pengajar atau guru dalam melaksanakan atau
mengemas proses pembelajaran sehingga menghasilkan sesuai apa yang diinginkan
pada tujuan pendidikan.
Begitu juga dengan pembelajaran PAI, metode dan teknik
yang digunakan seorang pengajar PAI harus tepat sehingga pembelajaran PAI dapat
berhasil dan menghasilkan output yang berkompeten dalam bidang PAI.
Keberhasilan tersebut tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam
pembelajaran PAI, yang akan kami bahas dalam makalah ini.
B.
RUMUSAN MASALAH
Dari latar
belakang di atas, maka kami akan memaparkan permasalahan sebagai berikut :
1.
Apa pengertian pembelajaran ?
2.
Faktor-faktor apa yang
mempengaruhi pembelajaran PAI ?
C.
TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Mengetahui pengertian pembelajaran
2.
Mengetahui faktor-faktor apa yang
mempengaruhi pembelajaran PAI
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran berasal dari kata “belajar” yang berarti adanya
perubahan pada diri seseorang. Perubahan yang dimaksud adalah pada ranah
kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian pembelajaran adalah proses
yang dirancang untuk mengubah diri seseorag, baik dari ranah kognitif, afektif,
dan psikomotorik.[1]
Dan pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram
dalam desain intruksional, untuk membuat belajar secara aktif, yang menekankan
pada penyediaan sumber belajar.[2]
Menurut Bourner pembelajaran adalah proses untuk membangun
kemampuan mengembangkan potensi kognitif yang ada dalam diri siswa.
Pembelajaran yang lebih mengedepankan kebebasan merupakan salah satu kunci keberhasilan
pembelajaran sosial.[3]
B. Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Pembelajaran PAI
1.
Kondisi Pembelajaran PAI
Kondisi pembelajaran PAI dapat diklasifikasikan menjadi :
a.
Tujuan pembelajaran PAI
Ditinjau
dari aspek tujuan PAI yang akan dicapai adalah mengantarkan peserta didik mampu
memilih Al-Qur’an sebagai pedoman hidup (kognitif), mampu menghargai Al-Qur’an sebagai
pilihannya yang paling benar (afektif), serta mampu bertindak dan mengamalkan
pilihannya (Al-Qur’an sebagai pedoman hidup) dalam kehidupan sehari-hari
(psikomotorik)
Tujuan
pembelajaran ini bisa bersifat umum, umum-khusus, dan khusus.
b.
Karakteristik bidang studi PAI
Aspek-aspek
suatu bidang studi yang terbangun dalam struktur isi dan konstruk / tipe isi
bidang studi PAI berupa fakta, hukum / dalil, prinsip / kaidah, prosedur dan
keimanan yang menyajikan kebenaran Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia.
c.
Kendala pembelajaran
Namanya
kendala tentunya pasti ada. Misalnya keterbatasan sumber belajar yang ada,
keterbatasan alokasi waktu, dan keterbatasan dana yang tersedia.
d.
Kakakteristik peserta didik
Adalah
kualitas perseorangan peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda,
seperti bakat gaya
belajar, perkembangan moral, perkembangan kognitif, sosial, dsb.[5]
2.
Metode Pembelajaran PAI
Metode pembelajaran PAI dapat diklasifiaksikan menjadi :
1)
Strategi pengorganisasian
2)
Strategi penyampaian
3)
Strategi pengelolaan pembelajaran
Strategi pengorganisasian adalah suatu metode untuk mengorganisasi
isi bidang studi PAI yang dipilih untuk pembelajaran.
Strategi penyampaian adalah metode-metode penyampaian pembelajaran
PAI yang dikembangkan untuk membuat siswa dapat merespon dan menerima pelajaran
PAI dengan mudah, cepat, dan menyenangkan. Strategi penyampaian ini berfungsi
sebagai penyampai isi pembelajaran kepada peserta didik dan menyediakan
informasi yang diperlukan peserta didik untuk menampilkan unjuk kerja (hasil
kerja)
1)
Media pembelajaran
2)
Interaksi media pembelajaran
dengan peserta didik
3)
Pola atau bentuk belajar mengajar
Strategi pengelolaan pembelajaran adalah metode untuk menata
interaksi antara peserta didik dengan komponen-komponen metode pembelajaran lain,
seperti pengorganisasian dan penyampaian isi pembelajaran.[6]
3.
Hasil Pembelajaran PAI
Dalam pembelajaran PAI adalah mencakup semua akibat
yang dapat dijadikan indikator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajaran
PAI di bawah kondisi pembelajaran yang berbeda.[7] Hasil pembelajaran PAI dapat berupa hasil
nyata (actual out-come) dan hasil yang diinginkan (desire out-come). Actual
out-come adalah hasil belajar PAI yang dicapai peserta didik secara nyata
karena digunakannya suatu metode pembelajaran PAI tertentu yang dikembangkan
sesuai dengan kondisi yang ada, sedangkan desire out-come merupakan tujuan yang
ingin dicapai yang biasanya sering mempengaruhi keputusan perancang
pembelajaran.[8]
PAI dalam melakuakan pilihan suatu metode pembelajaran
yang paling baik untuk digunakan sesuai dengan kondisi pembelajaran yang ada.
Indikator keberhasilan pembelajaran PAI dapat diklasifikasikan
menjadi 3 yaitu :
a)
Keefektifan
Pembelajaran dikatakan efektif jika pembelajaran tersebut
mampu menambah informasi atau pengetahuan baru bagi siswa.[9]
b)
Efisiensi
Efisiensi adalah pembelajaran yang menyenangkan,
menggairahkan dan mampu memberikan motivasi bagi siswa.[10]
c)
Daya tarik
Daya tarik yang dimaksud dalam hal ini adalah pembelajaran
itu diukur dengan mengamati kecenderungan peserta didik untuk berkeinginan
terus belajar.
KESIMPULAN
1.
Dalam proses pembelajaran seorang
guru sebagai pengajar harus pandai-pandai dalam mengambil langkah agar proses
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan tercapai tujuan pendidikan.
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran
PAI yaitu :
1)
Kondisi pembelajaran agama
2)
Metode pembelajaran pendidikan
agama
3)
Hasil pembelajaran pendidikan
agama
Ketiga faktor terikat satu dengan lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung
: PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana.
2000. Srategi Pembelajaran. Bandung : Falah
Production.
Typecat.com/pdf/Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam/18-04-2011/11.00
www.pdfking.net/pdf/ Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Agama Islam/18-04-2011/11.00
No comments:
Post a Comment