Sisi Pandang Lain

Memahami Sesuatu dari Perspektif yang Berbeda

Sunday, March 22, 2020

Berkenalan dengan Diri Sendiri

       Ada sebuah alam dimana kita dapat merabah leluasa dan menciptakan dunia baru sesuai keinginan kita. Alam ini adalah imajinasi. Yang dibentuk dari program pikiran dan pengendalian hati. Manusia sejatinya memiliki ruang yang sangat luas. Yang dapat ditempati oleh doktrin, kenangan, ilmu, keinginan, dan memori sifat lain. Tidak kah kalian percaya? Coba kalian terpejam dan membayangkan ada lautan luas didepan kalian. Pasti akan berbentuk sesuai keinginan kita. Kenapa? Karena kita pernah merekam kenangan sebuah laut dan otomatis otak akan mewujudkan dunia ini dalam bentuk imajiner.

     Sekarang kita sering berhadapan pada doktrin ataupun hipnosis yang mudah kita telan mentah-mentah. Seharusnya kita cuci, olah, dan masak dulu doktrin/hipnosis ini melalui hati nurani. Sifat otak tidak akan menolak apapun yang diterima akan direkam. Dan tugas hati adalah mengolah baik buruknya. Manusia yang hatinya memiliki kebersihan dan kebaikan akan selalu merespon TIDAK pada hal yang tidak sesuai. Tergantung kita mengajarinya dan mengolahnya dalam diri ini. Jadi, hati setiap manusia sejatinya semua bersih. Hanya saja kita terkotori oleh beberapa hal. Kita sering berkenalan dengan manusia lain, tapi kita jarang berkenalan dengan diri sendiir. Seperti orang gila? Tidak. Yang gila adalah jika kita tidak mengenal diri kita sendiri. Galilah perlahan dan masuki setiap ruang dalam dirimu satu persatu, lahan perlaha. Yang perlu dibersihkan ruangan itu maka sapulah. Yang perlu ditata ruang itu, maka modifikasilah sebaik mungkin. Kalau ada sempit, maka perluas lah supaya lega. 
Manusia yang telah mengenal dirinya sendiri secara detail akan lebih bijak.  Emosinya akan terjaga baik, langkahnya akan presisi, tindakannya akan selalu dengan perhitungan matang. 

No comments:

Post a Comment