Sisi Pandang Lain

Memahami Sesuatu dari Perspektif yang Berbeda

Saturday, December 26, 2015

5 HAL SEDERHANA YANG BANYAK ORANG TIDAK TAHU



Assalamua'alaikum...., apa kabar para pembaca yang budiman, di penghujung tahun 2015 ini saya akan mengajak para pembaca untuk mengulas beberapa hal sederhana, yang setiap hari kita bersinggungan dengan hal tersebut.  Namun ternyata ada banyak orang yang kurang paham, bahkan ada yang sama sekali tidak tahu tentang kebenaran dari hal-hal sepele tersebut. Hal-hal apakah tersebut ? mari kita ulas satu persatu :


1.       IKLAN DI TELEVISI HARGANYA SANGAT MAHAL
Pernah terfikir berapa tarif iklan di TV ? kebanyakan dari kita pasti tidak pernah sampai memikirkannya, paling hanya memberikan penilaian dan komentar “iklannya bagus” atau “iklannya jelek”.



Saya pun dulunya begitu, sampai akhirnya saya penasaran dan mencari tahu di web-web/portal berita yang terpercaya.  Ternyata dibalik iklan yang tayang sekelumit hanya beberapa detik tersebut harganya sangat mahal sekali, akal waras saya pun hampir tidak bisa mempercayainya, iklan yang bergentayangan setiap menitnya di setiap stasiun televisi, yang kebanyakan kita acuhkan karna saking seringnya kita lihat harganya bisa mencapai 15 JUTA sekali tayang. Sangat mahal bukan ? bagi orang seperti saya duit 15 juta belum tentu bisa terkumpul dalam setahun, namun bagi Koorporasi pengiklan produk yang masang iklan tersebut duit 15 juta seolah dibuang begitu saja lewat angin. Tentunya bukan terbuang sia-sia, namun tetap saja bagi orang ekonomi menengah ke bawah jumlah tersebut sangat fantastis.
Berikut tarif RATA-RATA iklan di TV yang berhasil saya himpun dari beberapa sumber terpercaya,
berdasarkan kapan iklan ditayangkan :
Jam 00.00-05.00, biayanya sekitar
Rp5.000.000,00 
sampai Rp7.000.000,00 per 30 detik.
Jam 05.00-08.00, biayanya sekitar
Rp7.000.000,00 sampai Rp9.500.000,00 per 30 detik.
Jam 08.00-12.00, biayanya sekitar
Rp6.000.000,00
sampai Rp8.000.000,00 per 30 detik.
Jam 12.00-13.00, biayanya sekitar
Rp7.000.000,00 sampai Rp9.500.000,00 per 30 detik.
Jam 13.00-17.00, biayanya sekitar
Rp6.000.000,00
sampai Rp8.000.000,00 per 30 detik.
Jam 17.00-21.00, biayanya sekitar
Rp12.000.000,00 sampai Rp14.000.000,00 per 30 detik.
Jam 21.00-00.00, biayanya sekitar
Rp7.000.000,00
sampai Rp9.500.000,00per 30 detik.

Tarif di atas berlaku di hari-hari biasa, harga bisa naik secara drastis sampai Rp20.000.000,00 di saat hari-hari tertentu, misal pada hari liburan atau pas bulan puasa.  Barangkali kita yang belum mengetahui fakta tersebut selama ini beranggapan bahwa iklan di TV tidak sampai semahal itu harganya.

2.      AC ITU FUNGSINYA BUKAN HANYA MENDINGINKAN RUANGAN
Saat mendengar kata AC yang terlintas di benak para pembaca pasti ruangan yang sejuk bukan ? ya ruang yang ber AC memang terasa sejuk dingin dan membuat kita betah dan nyaman berlama-lama di dalam ruangan.  Namun apakah para pembaca menyadari bahwa fungsi AC sebenarnya bukan hanya untuk mendinginkan ruangan ?



Seperti kepanjangan AC itu sendiri yakni AIR CONDITIONER yang bila ditranslate ke bahasa Indonesia artinya adalah Pengkondisi/Pengatur Udara (dalam ruangan) maka sudah jelas bahwa fungsi AC tidak hanya untuk mendinginkan ruangan, namun untuk mengkondisikan udara dalam ruangan, bisa untuk MENDINGINKAN bila udara panas dan bisa pula MENGHANGATKAN bila udara dingin.
Namun kenapa selama ini kebanyakan orang cenderung mengartikan bahwa fungsi AC adalah untuk menyejukkan ruangan ? ya karna lazim kita jumpai di kantor-kantor, di mini marker, dan di mal-mal AC dipakai untuk menyejukkan ruangan, karna di Indonesia yang beriklim tropis udara serasa cukup panas bila dalam ruangan dengan suhu rata-rata 25 - 32 derajat Celcius.  Di luar negri yang memiliki musim dingin maka AC biasa dipakai untuk menghangatkan ruangan.


3.      MATAHARI ITU SEBENARNYA BINTANG
Bagi para pembaca yang suka akan ilmu fisika / astronomi pasti akan langsung setuju dengan judul ulasan kita yang nomor 3 ini. Namun bagi yang tidak akrab dengan fisika pasti akan sedikit sulit memahami.
Dalam ilmu astronomi benda-benda angkasa di kelompokkan menjadi beberapa, diantaranya adalah Bintang, Planet, Satelit, Asteoroid, Komed, dll.  Bintang adalah sebuah benda langit yang memiliki energi murni dan dapat memancarkan cahayanya sendiri, berbeda dengan benda-benda lain seperti Planet, Satelit, dan Asteroid yang hanya bisa memantulkan cahaya dari cahaya yang mengenainya.


MATAHARI adalah salah satu dari TRILYUNAN bintang yang ada di alam semesta ini, alasan kenapa matahari tampak lebih besar dan lebih terang karna jaraknya yang sangat dekat dengan planet bumi kita. Jikalau matahari kita tempatkan jauh seperti bintang-bintang lain maka matahari kita hanya akan terlihat kelap kelip seperti setitik cahaya putih.
Untuk membayangkan betapa jauhnya bintang-bintang yang terlihat kelap kelip bertaburan di langit malam itu maka perhatikan ilustrasi di bawah ini :

SEANDAINYA ALAM SEMESTA KITA KECILKAN :
JARAK BUMI – MATAHARI kita kecilkan menjadi 5 meter, maka
JARAK BUMI – BINTANG yang paling dekat masih lebih dari  30 kilometer lagi

WAU !!! sangat jauh bukan ?? kita hampir tidak bisa membayangkan betapa luas dan besarnya alam semesta ini. JADI dengan ulasan di atas kita tahu bahwa matahari adalah sebuah Bintang yang kebetulan sangat dekat dengan bumi.

  
4.      SEBENARNYA SETIAP ORANG PUNYA PESAWAT
Masih ingatkah dengan pelajaran IPA waktu kelas 3 SD ?  di dalam IPA disebutkan bahwa untuk memudahkan atau membantu kerja manusia membutuhkan alat yang disebut “pesawat”.  Tang, Obeng, Linggis, dan perkakas-perkakas lain itu disebut sebagai pesawat.

 
Seiring perkembangan teknologi mulai ditemukan pesawat-pesawat baru seperti : pesawat radio, pesawat televise, pesawat telepon, dll.  Jadi sebenarnya setiap orang pastilah memiliki pesawat masing-masing di rumah.  Entah sejak kapan di Indonesia sebutan pesawat hanya dipakai untuk kendaraan yang bisa terbang.

5.      PEMADAM KEBAKARAN FUNGSINYA BUKAN HANYA MADAMIN API
Pernah lihat film-film holiwood yang ada adegan petugas pemadam kebakaran membantu menolong orang yang terjepit eskalator  ?
Ya memang sebetulnya tugas dari pemadam kebakaran adalah sebagai Tim Rescue (tim penolong), bukan hanya sebagai petugas pemadam api.  Bahkan dimintai pertolongan untuk membebaskan kucing yang terjebak di gorong-gorong pun selalu siap sedia.


Namun untuk kejadian darurat sepereti kebakaran memang  membutuhkan alat dan skil yang khusus, itulah mengapa yang lebih ditonjolkan dari Tim Penolong ini adalah kemampuannya menangani kebakaran.

Cukup 5 dulu yang penulis ulas di postingan ini, sebetulnya agan-agan bisa menemukan sendiri banyak hal-hal sepele yang belum diketahui kebenarannya oleh kebanyakan orang pada umumnya.

No comments:

Post a Comment