Sisi Pandang Lain

Memahami Sesuatu dari Perspektif yang Berbeda

Sunday, December 27, 2020

Membedakan Mimpi Pasif Dan Mimpi Aktif Untuk Kesuksesan

 


Saya rasa hampir setiap orang pernah bermimpi. Mimpi adalah suatu rangkaian kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam pikiran sadar maupun pikiran bawah sadar kalian. Mimpi yang biasa kalian alami adalah mimpi pada saat kalian sedang tidur. Mimpi pada saat kalian sedang tidur biasanya terjadi apabila kalian sedang menghadapi suatu permasalahan dalam diri dan batin kalian. 

 Masalah-masalah tersebut masih menumpuk dalam pikiran kalian sehingga pada saat kalian tidur alam pikiran bawah sadar kalian membawa kalian kepada masalah-masalah tersebut tanpa dapat kalian kendalikan, namun kalian merasa seolah-olah mengalami kejadian yang sebenarnya.

 Mimpi tersebut saya katakan dengan istilah mimpi pasif. Saya katakan demikian karena mimpi itu adalah mimpi yang terjadi di luar kendali dari diri kalian sendiri. Kalian juga tidak mempunyai  kontrol untuk mimpi kalian tersebut dan mimpi itu cenderung tidak nyata.

 Mimpi seperti ini akan berakhir apabila kalian terjaga dari tidur. Selain saat kalian tidur dan bermimpi pasif, ada pula orang yang terlalu sering berkhayal atau berimajinasi akan hal yang indah menurut mereka terus- menerus namun sama sekali tidak pernah berusaha mewujudkannya.

 Mimpi atau khayalan tersebut disebut mimpi yang pasif karena orang tersebut hanya dapat berangan-angan dan membayangkan kejadian-kejadian indah saja akan tetapi tanpa adanya usaha tambahan yang dilakukannya mimpinya dapat tercapai.

 Hal ini pun sama saja dengan sebuah kehidupan di dalam dunia mimpi yang telah saya sebutkan di artikel sebelumnya karena semua angan- angan tersebut akan berakhir pada saat dia selesai berimajinasi.

 Sedangkan mimpi aktif adalah suatu imajinasi atau khayalan yang dilakukan secara terus-menerus namun disertai dengan perubahan perilaku yang mengacu kepada tercapainya mimpi tersebut sehingga kalian tidak selalu hidup dalam dunia mimpi atau dunia tidur dan berusaha mewujudkannya.

 Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam dunia tidur pada saat kalian bermimpi, kalian tidak dapat mengendalikan mimpi kalian tersebut, dan setelah kalian terbangun semua hal yang terjadi dalam mimpi tersebut hilang tanpa bekas. Hal itu sama saja dengan memiliki impian tapi sama sekali tidak berusaha melakukan sesuatu guna mencapai mimpi tersebut.

Baca Juga : Tips Bagaimana Kalian Mewujudkan Mimpi Untuk Menjadi Sukses

 Oleh sebab itu, hendaknya kalian melakukan mimpi aktif di mana kalian tidak saja berkhayal dan bermimpi saja tetapi juga berusaha keras guna mendukung tercapainya mimpi kalian tersebut. Lakukan perubahan dalam diri kalian, keluar dari zona kenyamanan, dan raihlah impian kalian tersebut.

No comments:

Post a Comment