Sisi Pandang Lain

Memahami Sesuatu dari Perspektif yang Berbeda

Friday, September 29, 2023

Eksperimen Sally-Anne dan Teori Psikologi Anak: Memahami Perkembangan Kepahaman Sosial Anak

 

Salah satu aspek yang menarik dalam psikologi perkembangan anak adalah bagaimana anak-anak mulai mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia sosial di sekitar mereka. Eksperimen Sally-Anne adalah sebuah studi klasik yang memberikan wawasan berharga tentang perkembangan kognitif anak-anak dan merupakan salah satu aspek penting dalam teori psikologi anak. Eksperimen ini pertama kali dilakukan oleh psikolog Jean Berko Gleason pada tahun 1983 dan telah menjadi salah satu eksperimen yang paling sering dikutip dalam bidang perkembangan anak.

 

Eksperimen Sally-Anne

Eksperimen Sally-Anne dirancang untuk menguji pemahaman anak tentang konsep "pemahaman perspektif" atau "teori pikiran" (theory of mind). Teori pikiran adalah kemampuan untuk memahami bahwa orang lain memiliki pemahaman, keyakinan, dan pikiran mereka sendiri, yang mungkin berbeda dengan pemahaman kita sendiri.

Eksperimen ini melibatkan dua karakter utama, Sally dan Anne, serta sebuah bola. Mari kita lihat ceritanya:

Sally dan Anne duduk di ruangan. Sally memegang sebuah bola, dan Anne memegang sebuah keranjang kosong.

Sally meletakkan bola di dalam keranjangnya, lalu dia meninggalkan ruangan.

Sementara Sally pergi, Anne mengambil bola dari keranjang dan memindahkannya ke dalam tasnya sendiri.

Kemudian, Sally kembali ke ruangan.

 

Selanjutnya, anak-anak diajukan pertanyaan kunci:

"Di mana Sally akan mencari bola itu?"

 

Hasil Eksperimen

Hasil eksperimen ini mengungkapkan perbedaan dalam pemahaman anak-anak berdasarkan usia mereka. Anak-anak yang lebih muda, biasanya di bawah usia empat tahun, cenderung berpikir bahwa Sally akan mencari bola itu di dalam tas Anne, karena mereka fokus pada pengetahuan aktual. Mereka tidak memahami bahwa Sally tidak tahu bahwa bola itu dipindahkan oleh Anne saat dia pergi.

Anak-anak yang lebih tua, kira-kira di atas usia empat tahun, mulai memahami perspektif orang lain. Mereka menyadari bahwa Sally akan mencari bola itu di keranjang tempat dia meletakkannya, karena mereka memahami bahwa Sally tidak tahu apa yang telah dilakukan Anne selama dia pergi.

 

Arti Penting dalam Teori Psikologi Anak

Eksperimen Sally-Anne menunjukkan perkembangan penting dalam pemahaman anak-anak tentang teori pikiran. Ini menandakan bahwa anak-anak secara bertahap mengembangkan kemampuan untuk memahami bahwa orang lain memiliki pikiran dan pemahaman yang berbeda, dan pemahaman ini berkembang seiring bertambahnya usia.

Eksperimen ini juga memiliki implikasi penting dalam konteks perkembangan sosial dan emosional anak-anak. Memahami teori pikiran memungkinkan anak-anak untuk lebih baik dalam berinteraksi dengan orang lain, memprediksi perilaku mereka, dan memahami bahwa perspektif orang lain dapat berbeda dari perspektif mereka sendiri.

Eksperimen Sally-Anne adalah salah satu eksperimen paling penting dalam studi perkembangan anak dan memberikan pemahaman yang dalam tentang bagaimana anak-anak mulai mengembangkan pemahaman mereka tentang teori pikiran dan perspektif orang lain. Ini adalah langkah penting dalam perkembangan sosial dan emosional anak-anak, dan penelitian lebih lanjut tentang topik ini terus membantu kita memahami kompleksitas perkembangan kognitif anak. Eksperimen Sally-Anne adalah contoh yang kuat dari bagaimana eksperimen psikologi dapat membantu kita meresapi rahasia perkembangan manusia sejak dini.

No comments:

Post a Comment