Sisi Pandang Lain

Memahami Sesuatu dari Perspektif yang Berbeda

Monday, January 2, 2023

Tips Jitu Memulai Usaha Tahun 2023

 

Di artikel sebelumnya kami sudah mengulas apa saja peluag bisnis di tahun 2023, nah sebelum memulai usaha ada baiknya  melakukan  persiapan agar usaha berjalan dengan lancar.

 

1.        Lakukan riset terlebih dahulu

 Satu hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis adalah melakukan riset. Riset dilakukan untuk mengetahui  apa  yang sedang trending atau laris di kalangan masyarakat umum dan berpotensi menghasilkan keuntungan di masa depan. Selain itu, Anda juga  dapat mengidentifikasi  pelanggan potensial Anda.

2.        Cari tahu siapa target pasar perusahaan Anda

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang tahu persis siapa target pasarnya. Mengetahui target pasar Anda sangat penting dalam memberikan arah dan fokus pada bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat strategi pemasaran yang tepat sesuai  target pasar perusahaan Anda.

3.        Analisis Pesaing Anda

Analisis Pesaing sangat berguna untuk mengidentifikasi kelemahan pesaing perusahaan Anda. Anda dapat mengidentifikasi kelemahan pesaing Anda dan mengubah kelemahan tersebut menjadi nilai jual unik perusahaan Anda. Analisis pesaing dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats).

4.        Membuat Panduan Branding

Panduan branding berguna ketika Anda mengetahui identitas perusahaan Anda. Pedoman merek biasanya terdiri dari nama perusahaan, logo, visual sentral, dan cerita merek. Dengan pedoman merek, target pasar Anda dapat dengan mudah mengenali dan mengenali merek Anda.

5.        Menentukan business plan yang matang

Business plan sangat penting dalam bisnis sebagai tolak ukur. Membuat rencana bisnis memberi Anda kesempatan untuk menetapkan tujuan yang jelas untuk mengelola bisnis Anda. Rencana bisnis mencakup anggaran, rencana pemasaran, dan  program kerja yang terperinci dan jelas untuk bisnis Anda. Pada akhir periode, rencana bisnis ini juga dipertimbangkan dalam evaluasi.

6.        Tawarkan sistem pembayaran online kepada pelanggan Anda

Sebelum memulai sebuah perusahaan, salah satu persiapan terpenting adalah sistem pembayaran. Menyediakan sistem pembayaran online yang memudahkan pelanggan Anda dalam menyelesaikan transaksi pembayaran.

No comments:

Post a Comment