Sisi Pandang Lain

Memahami Sesuatu dari Perspektif yang Berbeda

Sunday, April 17, 2016

SURAT CINTA UNTUK “AKTIVIS MLM"



Dear, para pejuang dan aktivis MLM
Untuk semuanya saja, pria maupun wanita, tua maupun muda, baik yang sudah sukses dan bisa berfoto bersama mobil mewahnya maupun yang belum sukses dan masih bergreliya sampai berdarah-darah. Dan juga yang siang malam tanpa lelah berjuang di medsos untuk mencari “teman” yang setuju bergabung, walaupun dengan sedikit membujuk dan menjiplak kata-kata motivasi dari sana sini.



Kami sangat berterima kasih atas kepedulian kalian para pejuang dan aktivis MLM, kami tahu kalian tidak ada niat buruk sedikitpun kepada kami, karna kalian selalu berfikir positif, saking positifnya kalian terlalu bersemangat dan menggebu-gebu, dan akan sangat kecewa bila ada di antara kami yang kurang berminat dengan MIMPI yang kalian tawarkan.
Apapun itu yang kalian jual, entah makanan, obat-obatan, mangkuk barokah, chip ajaib, chip sedekah, paket umroh, dan lain sebagainya. KAMI PERCAYA semua itu bermanfaat. BAHKAN seonggok BATU pun bisa bermanfaat, lebih dari itu “maaf” KOTORAN pun bisa diambil manfaatnya sebagai pupuk.
TAPI kami belum terlalu butuh semua itu, dan jutaan orang mungkin juga belum terlalu butuh, karna jika memang semua itu sangat dibutuhkan tak perlu dipromosikan pun akan laris manis, bahkan meskipun diumpetin dan dilarang membeli pun tetap saja diburu orang, contohnya GAS ELPIJI.
Kami ingin kejelasan, apa yang sebenarnya ditawarkan ? kenapa rekan rekan pejuang MLM tidak langsung to the point aja, bahwa INTI bisnisnya adalah “MEMBUJUK ORANG LAIN” agar mau daftar jadi member, dan “barang” yang dijual adalah sebagai kamuflase atau syarat syah akad jual belinya. Dengan banyak orang yang bergabung ratusan bahkan ribuan maka tinggal dikalikan saja dengan uang pendaftaran/pembelian “barang” yang dijadikan objek pemikat itu. Bukankah akan lebih terang benderang kalau menjelaskan seperti itu, kami tidak mau ada dusta di antara kita.  Sekali lagi tidak perlu kami di-iming-imingi dengan chip ajaib, obat ajaib, mangkuk barokah, atau paket umroh itu, kami percaya saja deh, toh ada banyak hal semacam itu yang harganya lebih murah dan berkwalitas di luaran sana.
Kami sebenarnya ingin sekali ikut mengejar mimpi bersama kalian, ingin bisa berselfi dengan mobil mewah, ingin bisa umroh, ingin bisa transaksi nyambi sedekah. Namun biarlah kami mendapati mimpi itu dari jalan yang berbeda. Biarkan kami tetap fokus bekerja dan berkarya di habitat kami sendiri. Biarlah kami tetap menjadi karyawan, menjadi pedagang, menjadi petani, pada suatu saat nanti kita bisa menjejer mobil kita masing-masing dan berfoto bersama, atau kita bisa berangkat umroh ke tanah suci dalam satu pesawat bahkan satu tempat duduk walaupun tidak sama-sama didapat dari MLM.
PLEASE jangan ngambek dong, bila tidak semua dari kami tertarik dengan bisnis kalian, kalian para pejuang MLM adalah orang-orang hebat, kami takut tidak mampu untuk membujuk orang lain seperti kalian, SDM kami lemah, strata pendidikan kami rendah, dan kelas sosial kami juga payah, kami tak punya pengaruh untuk membuat cukup banyak orang bergabung,.
Dear, para pejuang dan aktivis MLM, kami tahu mainset kalian hebat, berbeda dengan mainset cara berfikir kami yang masih labil, kami minder untuk presentasi membujuk orang lain.  Dear, tolong ngertiin kami, jangan bujuk-bujuk lagi kami, bapak/ibu/pacar/istri kami bisa marah. Please…

2 comments:

  1. Saya ngerti perasaan kamu. Saya juga ngerti jadi pejuanh mlm. Karena saya pernah berada di keduanya.

    ReplyDelete