PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam rangka penyelenggraan Tri
Dharma Perguruan Tinggi untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan Negara, maka
diselenggarakan program-program pendidikan umum. Dengan tidak mengurangi makna
penting tugas (Dharma) yang kesatu dan kedua yaitu pendidikan dan pengajaran
serta penelitian, yang langsung berhubungan dengan masyarakat adalah dharma
yang ketiga, pengabdian kepada masyarakat. Hal ini menunjukkan banhwa perguruan
tinggi (mahasisiwa)harus mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat.
Hubungan ini meliputi semua manifestasinya.
Oleh karena itu, perlu mempersiapkan
mahasiswanya sedini mungkin guna menghadapi realitas tersebut dan agar
terciptanya sosok mahasiswa yang cerdik lagi kritis ditengah-tengah masyarakat.
Memang disadari Ilmu Alam Dasar,
Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu Sosial Dasar dianggap sangat perlu sekali
dipelajari oleh Mahasiswa. Karena dengan penguasaan dari ilmu-ilmu tersebut
diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala essensial
alam, dan mempunyai sifat yang kritis terhadap dinamika-dinamika social dan
budaya.
Dalam kesempatan makalah kami ingin
mengupas tentang pengertian IAD, IBD, ISD; tujuan IAD, IBD, ISD; ruang lingkup
materi IAD, IBD, ISD; serta urgnesi IAD, IBD, dan ISD bagi mahasiswa.
B.
Rumusan Pertanyaan
1. Apakah pengertian IAD, IBD, ISD ?
2. Apakah tujuan IAD, IBD, ISD ?
3. Bagaimanakah ruang lingkup materi IAD, IBD, ISD ?
4. Bagaimanakah urgensi IAD, IBD, dan ISD bagi mahasiswa ?
BAB II
PEMBAHASAN
A
Pengertian IAD, IBD, dan ISD
1.
Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Ilmu Alamiah atau sering disebut Ilmu Pengetahuan
Alam dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut Ilmu Kealaman, yang dalam
Bahasa Inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan
dalam bahasa Indonesia sudah lazim digunakan istilah Sains.
Ilmu Pengetahuan Alam Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang
mengkaji tentang gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk dimuka bumi ini,
sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural
Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang
esensial saja.
2. Pengertian
IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Kebudayaan ataupun yang disebut peradaban mengandung
pengertian yang luas, meliputi pemahaman perasaan sauatu bangsa yang kompleks,
meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hokum, adat istiadat
(kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.
Budaya menurut Kroeber dan Klukhan (1950) adalah kebudayaan
terdiri atas berbagai tingkahlaku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang
diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun
pencapaiannya secara terdiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk
didalamnya perwujudan benda-benda materi; pusat esensi kebudayaan terdiri atas
tradisi cita-cita atau paham dan terutama keterkaitan terhadap nilai-nilai.
Pendek kata kebudayaan dalam kaitannya dengan ilmu budaya
dasar adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani ;
tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik
maupun social.
3. Pengertian
ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,
teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi, antropologi
social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
B. Tujuan
IAD, IBD, ISD
1. Tujuan
IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a. Tujuan
Instruksional Umum
Dengan mempelajari tentang pengetahuan ini, maka diharapkan
akan dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala Alam
sampai terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari ilmu
pengetahuan Alam.
b. Tujuan
Instruksional Khusus
1). Dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia.
2). Dapat menjelaskan perkembangan alam piker manusia dalam
memenuhi kebutuhan terhadap “Rahasia ingin tahu”nya.
3). Dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan
masyarakat.
2. Tujuan
IBD (Ilmu Budaya Dasar)
a. Mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan
lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama unyuk
kepentingan profesi mereka.
b. Memberi
kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat memperluas pandangan mereka
tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka
terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
c. Mengusahakan
agar para mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam
bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruanglingkup
pendidikan kita amat dan condong membuat spesialis yang berpandangan kurang
luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi
maslah dan nilai-nilai umumnya.
d. Menjebatani
para akademisi kita agar mereka mampu berkomunikasi satu sama lain. Dengan
memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar
dalam hal berkomunikasi. Kalau carea berkomunikasi ini baik, komunikasi
selanjutnya akan lebih memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai
bidang keahlian. Meskipun spesialisasi sangat penting, spesialisasi yang
terlalu sempit akan membuat dunia seorang sarjana menjadi terlalu sempit.
3. Tujuan
ISD (Ilmu Sosial Dasar)
a. Tujuan
umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan
pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan
pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,
khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya
tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam.
b. Tujuan
khusus:
1). Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat.
2). Peka terhadap masalah-maslah
social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3). Menyadari bahwa setiap masalah
social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya (mempelajarinya).
4). Memahami jalan pikiran para ahli
dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka
dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat.
C. Ruanglingkup
Materi IAD, IBD, ISD
1. Ruanglingkup
Materi IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a. Kelahiran
alam semesta
1). Mengenal alam semesta
2). Teori terbentuknya alam semesta
a). Teori ledakan
Teori ledakan ini bertolak dan adanya suatu massa dan berat jenis yang
sangat besar, meledak dengan hebat karena adanya reaksi ini. Massa itu kemudian berserakan mengembang
dengan sangat cepatnya menjauhi pusat ledakan.
b). Teori ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini berlandaskan pikiran bahwa ada suatu siklus dan
alam semesta, yaitu “masa ekspansi” dan “masa kontraksi” diduga
bahwa siklus ini berlangsung dalam waktu 30.000 juta tahun.
b. Tata
surya
Surya adalah kata lain dari matahari. Tata surya berarti
adanya suatu organisasi yang teratur pada matahari.
Terbentuknya tata surya:
1). Hipotesis Nebular
2). Hipotersis Planettesimal
3). Teori Tidal
c. Bumi
Teori tentang kejadian bumi:
1). Teori Kant Laplace
Dialam raya sudah ada alam yang telah berputar makin lama
makin mendingin. Perputaran ini mengakibatkan pendataran dibagian
kutub-kutubnya dan menimbun materi dibagian khatulistiwanya yang merupakan daerah
paling tidak stabil sewaktu perputaran semakin cepat, bagian tersebut akan
terlepas materi dan massa
asal. Kemudian mengambil kondensasi akhirnya, menjadi padat berputar
mengelilingi massa
asal. Maka asal tersebut menjadi matahari dan bagian terlepas setelah padat
manjadi planet.
2). Teori Chamberlain dan Maulton
Mereka mengemukakan suatu teori tentang matahari dan bumi,
teorinya terkenal dengan teori plenetesimal.
3). Teori Jean dan Jefreys
Bintang besar yang jauh lebih besar dari matahari memiliki gaya tarik yang sangat
kuat terhadap matahari, akibatnya akan terjadi gelombang pasang pada permukaan
matahari yang menyerupai gunung yang sanat tinggi dan menyerupai lidah raksasa
yang berupa gas sangat panas selanjutnya mengalami pemadatan kemudian pecah
menjadi benda-benda tersendiri yang disebut planet.
d. Asal mula kehidupan dibumi
1). Generation Spontaniea
2). Cozmozoa
3). Omne Vivum ex Vivo
4). Omne Ovo ex Vivo
2. Ruanglingkup
Materi IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu Budaya Dasar (IBD) identik dengan basic humanities.
Humanities berasal dari kata latin humanus yang artinya
manusiawi, berbudaya, dan halus (refined). Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar
ini diharapkan seseorang menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih
halus.
Adapun ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar adalah:
a. Berbagai
aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang
dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities),
baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan
berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b. Hakikat
manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan
setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social, dan budaya,
manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak
seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan,
pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
3. Ruanglingkup
Materi ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah:
a. Kenyataan-kenyataan
social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah
social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara
berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang
disiplin ilmu atau sudut pandangnya
b. Konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari
masalah-masalah social.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep
keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut
diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah
laku
baik secara individual maupu kelompok.
2). Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan
timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c. Masalah-masalah
social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan
social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.
D. Urgensi
IAD, IBD, ISD Bagi Mahasiswa
1. Urgensi
IAD (Ilmu Alam Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Alam Dasar merupakan Ilmu yang mengkaji tenang
gejala-gejala alam disekitar. Dengan mengetahui gejala-gejala alam yang ada
disekitar maka pertanyaan “mengapa hal itu dapat terjadi?” akan terjawab dengan
adanya pengkajian dari ilmu ini. Disamping itu, rasa kuriositas dari manusia
yang tidak pernah mengalami kepuasan akan terpenuhi meskipun hanya sementara
saja atau walaupun hanya sebuah hipotesa.
Bagi Mahasiswa sendiri Ilmu Alam Dasar ini sangat urgen
sekali mahasiswa yang dituntut untuk memiliki sifat yang kritis diharap mampu
menjawab pertanyaan “mengapa hal itu dapar terjadi?”. Ilmu ini juga sangat
penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika perkembangan Ilmu Alam agar
Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa juga dituntut untuk
berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap mereka mengatahui
gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini menjadi sangat urgen
karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk mengejar ilmu alam dan teknologi
yang semakin berkembang pesat dalam kencah internasional
2. Urgensi
IBD (Ilmu Budaya Dasar) Bagi Mahasiswa
Seperti yang kita ketahui manusia merupakan makhluk yang
berbudaya. Sebenarnya kebudayaan didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri
manusia kedalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan
menjadi warisannya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa
kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari keadaanya
yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak terpadu.
Ilmu Budaya Dasar memiliki urgenitas bagi Mahasiswa karena
orientasi Mahsiswa adalah lingkungan yang berbudaya dari lingkungan yang
berbudaya tersebut mereka harus lebih mudah untuk integrasi dalam
lingkungan tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk profesi
mereka.
Urgenitas yang sangat vital bagi Mahasiswa dalam mempelajari
Ilmu ini adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap
masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka
tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga mengusahakan
agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam
bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruanglingkup
pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang
berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan Mahasiswa
untuk menanggapi masalah dan nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat mereka.
3. Urgensi
ISD (Ilmu Sosial Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran baru
yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial Dasar ini
sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan system pendidikan
yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu-ilmu social
yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk
mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembang dalam kehidupan
masyarakat.
Urgenitas ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa adalah memberikan
dasar-dasar ata pengetahuan social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan
cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternative pemecahan
masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalaui ISD, diharapkan
para Mahasiswa akan mapu mengorientasikan diri berkat pengahayatannya terhadap
arah perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan diri secara mapan paling
tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan itu harus ditempuh.
Masalah-masalah social yang berkembang sedemikian kompleks, baik yang bersifat
local, regional, nasional maupun internasional seperti pengangguran,
urbanisasi, penyelundupan, dan kriminalitas. Kenakalan remaja dan
penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan pergolakan politik, merupakan
masalah-masalah social yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala
aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
A. Pengertian
IAD, IBD, ISD Adalah
1. Pengertian Ilmu Alamiah Dasar
adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam Alam semesta,
termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah
Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan
prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
2. Pengertian Ilmu Budaya Dasar
adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani ; tercakup
didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik maupun
social.
3. Pengertian Ilmu Sosial Dasar
adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya
masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia , dengan menggunakan
pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan
keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social
B. Tujuan
IAD, IBD, ISD Adalah
1. Tujuan Ilmu Alamiah Dasar adalah
Dengan mempelajari tentang pengetahuan ini, maka diharapkan akan dapat memahami
perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala Alam sampai terwujudnya
metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari ilmu pengetahuan Alam.
2. Tujuan
Ilmu Budaya Dasar adalah Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap
lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan
lingkungan yang baru, terutama unyuk kepentingan profesi mereka.
3. Tujuan
Ilmu Sosial Dasar adalah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta
perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai
gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan
dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran
berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.
C. Ruanglingkup
Materi IAD, IBD, ISD Adalah
1. Ruanglingkup
materi Ilmu Alamiah Dasar adalah Kelahiran alam semesta, terbentuknya tata
surya, teori terbentuknya bumi, asal mula kehidupan dibumi.
2. Ruanglingkup
Ilmu Budaya Dasar adalah Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan
masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan
pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin)
didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan
budaya.
3. Ruanglingkup
Ilmu Sosial Dasar adalah Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat,
yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan
social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social.
Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya
D. Urgensi
IAD, IBD, ISD Bagi Mahasiswa Adalah
1. Urgensi Ilmu Alamiah Dasar bagi
Mahasiswa adalah diharap mampu menjawab pertanyaan “mengapa hal itu dapar
terjadi?”. Ilmu ini juga sangat penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika
perkembangan Ilmu Alam agar Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow.
Mahasiswa juga dituntut untuk berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini
diharap mereka mengatahui gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini
menjadi sangat urgen karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk mengejar
ilmu alam dan teknologi yang semakin berkembang pesat dalam kencah internasional
2. Urgensi
Ilmu Budaya Dasar bagi Mahasiswa adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang
luas terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya
kritis mereka tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut.
Juga mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara
serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat
kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat.
3. Urgensi
Ilmu Sosial Dasar bagi Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar ata pengetahuan
social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu
menghadapi dan memberikan alternative pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan
masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayati, Marwadi. 2007. Ilmu
Alamiah Dasar Ilmu Sosial Dasar Ilmu Budaya Dasar. CV. Pustaka Setia. Bandung .
Jasin,
Maskoeri. 1987. Ilmu Alamiah Dasar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta .
Noor,
Arifin. 2007. Ilmu Sosial Dasar. Pustaka Setia. Bandung .
Pandoyo,
Sumbawi. 1987. Ilmu Alamiah Dasar. Usaha Nasional. Surabaya .
Soelaeman,
Munandar. 2007. Ilmu Budaya Dasar.PT. Refika Aditama. Bandung .
No comments:
Post a Comment